Minggu Ketiga Kontrak-CERN Summer Programme Bagian 8

Aku menulis ini saat aku telah menyelesaikan 8 minggu kontrak untuk kegiatan CERN Summer Student Programme 2014. Akan mencoba mengingat-ingat kisahku yang sungguh "hebat" menurut pribadiku. Sampai saat ini aku masih tak percaya bahwa aku bisa terpilih menjadi salah satu peserta kegiatan internasional ini di organisasi ilmu pengetahuan terbesar di dunia juga :). Alam semesta sering berlaku tak terduga, pasti ada kekuatan maha dashyat dibaliknya yaitu kekuatan Tuhan. Semua di alam semesta ini adalah hasil dari pikiran yang berwujud mimpi yang jika terus di-imajinasi-kan dan dipikirkan bahwa kita akan meraihnya, hal ini disebut dengan "memberi getaran positif ke alam semesta" maka alam semesta akan memberikan getaran positif balik yang akan mempengaruhi diri kita sehingga kita akan selalu ingat, optimis, bersemangat untuk mengusahakan mimpi kita menjadi kenyataan. Mekanisme saling mempengaruhi inilah yang disebut dengan "The Positive Law of Attraction". Saya sudah beberapa kali membuktikan mekanisme ini dan mimpi dan impian saya bisa menjadi kenyataan, saya akan ceritakan nanti dalam pos khusus mengenai beberapa impian saya yang saya padukan dengan "The Positive Law of Attraction" sehingga impian itu menjadi kenyataan.

Aku akan menceritakan hal-hal yang berkesan tentang minggu ketiga kontrakku sebagai summies. Minggu ketiga dimulai dari tanggal 7 Juli sampai 11 Juli 2014. Seperti biasa, sudah ku ceritakan bahwa setiap hari aku mengikuti kelas yang diberikan oleh expert dunia di bidang fisika partikel, akselerator dan detektor. Sungguh senang bisa mendengarkan mereka menyampaikan ilmu pengetahuan, kebenaran yang sedang dicari banyak orang tentang mekanisme pembentukan alam semesta. 

Setiap pagi aku bangun sekitar pukul 6 atau 7 dan ini sudah menjadi kebiasaanku selama di sana. Kelas dimulai pukul 09.15 sehingga aku menyempatkan diri untuk bisa bangun pagi memasak untuk sarapan dan bekal makan siang serta bersiap-siap seperti mandi dan sembahyang. Seperti biasa juga aku berangkat ke CERN di Meyrin Site dengan menggunakan Shuttle gratis yang disediakan CERN. CERN benar-benar memanjakan para pekerjanya dengan fasilitas-fasilitas pendukung sehingga pekerjanya hanya tinggal berkonsentrasi pada pekerjaannya yaitu bahu membahu mencari jawaban atas alam semesta. 

Minggu itu dimulai hari senin tanggal 7 Juli dengan jadwal kuliah yaitu Standard Model dan Accelerator. Kedua kuliah ini sungguh menarik. Standard Model sungguh menarik karena berisikan tentang penjelasan model yang diterima oleh fisikawan seluruh dunia tentang mekanisme interaksi alam semesta dilengkapi dengan partikel-partikel dan gaya-gaya yang bertanggung jawab atas interaksi ini. Standard Model penuh membahas mengenai Langragian , yaitu sebuah persamaan yang sederhana karena hanya satu persamaan namun kompleks karena melibatkan suku-suku yang harus diselesaikan dan terkadang tidak bisa diselesaikan dengan cara analitis yang menjelaskan interaksi dari partikel-partikel tersebut (saya bukan orang fisika partikel, sehingga berusaha menjelaskan kuliah ini dengan cara saya yang sederhana, semoga tidak bias maksudnya :D ). Untuk kuliah accelerator, ini membahas tentang bagaimana cara untuk mempercepat partikel sehingga bisa mencapai 99.9999% kecepatan cahaya. Pengetahuan tentang superkonduktifitas, RF Cavity, Hukum Lorentz, Dipole, Quadruple, Sextupole  Magnet untuk melakukan bending, dan focusing dari Proton Beam. Kuliah ini berlangsung Hari Senin, Selasa dan Rabu.

Di Hari Selasa, 8 Juli ada kuliah Concept in Particle Physics, kuliah ini juga berhubungan dengan fisika partikel membahas mengenai konsep-konsep pada fisika partikel. Mengenai General Relativity dan Field Theory. Selama kuliah ini saya hanya jadi penyimak yang tidak berkomentar sedikitpun walaupun sebenarnya dalam hati saya berkata "saya tidak paham apa-apa" hahaha. Hari Rabu 9 Juli ada kuliah Electronics, Data Aquisition and Trigger. Kuliah ini membahas mengenai konsep-konsep elektronika, data akuisisi dan trigger yang digunakan oleh CERN, saya cukup menikmati dan bisa mengikuti kuliah ini karena memang saya memiliki dasar yang cukup untuk mengikuti kuliah ini. Kuliah ini berlangsung selama 3 hari dari Hari Rabu, 9 Juli hingga Jumat, 11 Juli. Kuliah lainnya yaitu tentang Detectors, saya sangat menyukai kuliah ini. Kuliah ini terdiri dari 5 kuliah dari Hari Kamis, 10 Juli hingga Rabu, 16 Juli. Kuliah ini membahas mengenai segala jenis detector yang digunakan di CERN seperti Silicon Detector, Gas Detector, Multi Wire Proportional Chamber, Ring Imaging Cherenkov Detector dan masih banyak lagi. Saya sangat tertarik dengan kuliah ini selain karena project saya berkaitan dengan detector, lecturernya juga menarik dan menjelaskan dengan sangat baik!

Selain mengikuti kuliah, saya juga masih belajar dari paper dan Technical Data Report tentang project saya yang berkaitan dengan HMPID. Saya juga beberapa kali bertemu supervisor pada minggu ini untuk berdiskusi dan menanyakan hal-hal yang kurang saya pahami. Begitulah kehidupan minggu ketiga di CERN, tidak terlalu monoton namun belum cukup dinamis juga :) saya senang bisa mengikuti kuliah di CERN dan berdiskusi dengan supervisor.  

Comments

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Kehidupan Sebagai Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara