Minggu Kedua Kontrak-CERN Summer Programme Bagian 6

Ini adalah kisah lanjutan selama seminggu dari tanggal 30 Juni 2014 sampai 4 Juli 2014 selama di CERN! Tak terasa sudah memasuki minggu kedua kontrak dan saya sangat menikmati dan juga ada campuran rasa bingung. Ya minggu ini akan dimulai lecture untuk summies (sebutan untuk summer student). Lecturenya mulai dari konsep tentang Fisika Partikel, Standard Model, Simulasi, hingga Detector dan Accelerator. Saya sangat bersemangat untuk memulai mengikuti kuliah di sebuah auditorium utama CERN, yaitu tempat dimana diumumkannya penemuan partikel Higgs Boson pada bulan Juli 2012 yang lalu. Saya akan duduk disana menyimak orang-orang terbaik di bidangnya memberi kuliah, semoga saya tidak sering ketiduran :p (saya sering banget ketiduran saat kuliah di ITB, entah kenapa).


Auditorium CERN!

Senin, 30 Juni 2014

Hari itu kuliah belum dimulai, namun paginya ada workshop ROOT, sebuah software untuk komputasi yang official digunakan di CERN, mirip seperti matlab atau scilab namun memiliki fitur-fitur yang memang dikhususkan untuk Fisika Partikel. Workshop berlangsung selama dua jam dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 dan setelah itu hari akan diisi dengan melanjutkan membaca 7 buah paper yang berhubungan dengan project. Saya harus menyelesaikan membaca ke tujuh paper ini pada hari kamis karena saya akan bertemu lagi dengan supervisor saya pada hari itu untuk menunjukkan progress saya dan mendiskusikan hal-hal yang saya belum pahami. Seperti biasa saya bangun pagi pukul 07.00 untuk bersiap-siap mandi, masak, makan dan menyiapkan bekal makan siang. Saya berangkat ke CERN seperti hari biasa di minggu sebelumnya dengan shuttle pukul 08.30 dan sampai di CERN langsung menuju ruang workshop di laintai 7 gedung 500, ternyata ruang ini adalah ruang rapat Director General!. Workshop berjalan baik namun sistemnya setelah penjelasan singkat di awal, kami disuruh mencoba mengikuti online tutorial yang memang dibuat oleh tim ROOT dan bebas bertanya apabila tidak mengerti. Sistem ini bagus jika pengajar berjumlah banyak (peserta berjumlah 60 dan pengajar hanya 2 orang), namun pada kasus ini peserta dan pengajar tidak seimbang sehingga peserta yang ingin bertanya harus menunggu lama untuk ddapat perhatian dari pengajar karena banyak sekali yang bertanya, akhirnya saya mencoba-coba sendiri menuruti perintah-perintah pada online tutorial dan bertanya sesekali. 

ROOT Workshop
Setelah itu saya langsung melanjutkan membaca di meja kerja saya sambil sesekali mengecek email masuk, mencari informasi di internet yang berkaitan dengan project dan mengikuti berita pemilu presiden. Hari ini saya tidak lagi sendiri di ruang kerja, saya memiliki teman baru bernama Volva dari Ukraina. Dia juga summies namun dia sudah master di bidang computer science. Senang  ! :). Jam kerja berlalu dan saya tenggelam dalam membaca, namun agak bosan dan lelah juga, membaca seharian. Sore harinya saya balik ke hostel lalu saya membeli bahan makanan di Carrefour karena bahan makanan sudah habis selama seminggu. Setelah itu saya memasak untuk makan malam dan beristirahat. 

Selasa, 1 Juli 2014

Hari itu kuliah akan dimulai, jadwalnya sudah tersusun rapi di website Summer Studen (http://summer-timetable.web.cern.ch/summer-timetable/#2014-07-01) Jika kalian mau, kalian bisa mengunduh bahan kuliah beserta videonya! Lumayan merasakan dari rumah masing-masing menjadi summer student ke x+1 :p. Hari ini akan ada kuliah Pengenalan tentang workshop dan visit serta layanan networking CERN dan Particle World oleh Dr. Shears, Tara dari University of Liverpool. Kuliah dimulai dan saya menikmatinya. Agak terasa sedikit susah untuk listening english yang dibicarakan cepat, maklum ini pertama kalinya saya keluar negeri dan sebelumnya jarang sekali mendengarkan kuliah dengan bahasa inggris. Ini sangat membutuhkan konsentrasi. Penjelasannya menarik di awal karena saya bisa mengikuti namun semakin lama, semakin menuju konsep dan saya agak kelabakan karena belum pernah mempelajari hal yang berbau Fisika Partikel. Kuliah akan diadakan setiap hari dimulai pukul 09.15 hingga 12.15. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi selama setengah jam lalu istirahat makan siang dan setelah itu kembali ke meja kerja atau lab masing-masing untuk melanjutkan project masing-masing. Kegiatan mulai bervariasi sekarang hehehe. Setelah kuliah saya langsung menuju meja kerja untuk makan siang disana yaitu bekal yang saya bawa dan melanjutkan membaca paper. 

Rabu, 2 Juli 2014

Hari itu tidak ada acara spesial, hanya kuliah dan melanjutkan membaca paper. Seperti biasa saya bangun pagi lalu mandi, sembahyang dan masak lalu makan. Berangkat dengan shuttle dan sampai CERN menuju auditorium untuk mengikuti kuliah. Kuliah hari itu masih Particle World ditambah dengan Introduction to Accelerator oleh Dr. Kain, Verena serta Statistics oleh Lyon, Louis dari Imperial College London. Kuliah Introduction to Accelerator cukup Engineering sehingga saya bisa mengikutinya, menarik namun tetap membutuhkan konsentrasi. Sesekali saya miss dengan apa yang dijelaskan, hanya karena masalah bahasa dan terminologi. Tidak apa-apa, namanya juga belajar :). Setelah kuliah saya langsung menuju meja kerja untuk makan siang lalu melanjutkan membaca hingga sore, saya targetkan besok, kamis saya harus selesai membaca ketujuh paper yang diberikan. Sore hari akan ada Welcoming party yang diselenggarakan oleh Summer Student Team untuk memfasilitasi para summies yang jumlahnya 250-an untuk berkumpul berkenalan, mengobrol sambil menikmati minuman, snack dan buah-buahan. Suasana pesta sungguh sederhana, tanpa dekorasi atau embel-embel pesta lainnya. Hanya ada ruangan yang berisi beberapa meja yang penuh dengan minuman (ada beer, cola, juice, tea serta wine) dan snack kue-kue aneh, keju swiss, buah-buahan seperti stroberi dan cherry. Semua orang bebas mengambil dan mengobrol. Setiap orang menggunakan tanda pengenal yang berisi nama panggilan dan asal negara. Awalnya saya bingung mau mengobrol dengan siapa, namun akhirnya saya mencoba masuk-masuk ke dalam grup lalu ya terjadi begitu saja percakapan. Terasa sungguh menyenangkan bisa mengenal orang-orang dari seluruh belahan dunia dan mengobrol menanyakan banyak hal. Saya juga bercerita banyak tentang Indonesia dan juga Bali. Saya berkenalan dengan banyak teman namun tidak terlalu akrab karena sangat susah untuk mengingat nama sebanyak 250-an dan bisa terus mengobrol dengannya.
Welcoming Party

Kiri ke Kanan : Justin dari Filipina, aku dari Indonesia, Volva dari Ukraina, Hyunseok dari Korea Selatan
Karena pesta berlangsung hingga pukul 19.00 dan saat itu sudah tidak ada shuttle ke hostel maka saya dan Bagus akhirnya pulang ke hostel dengan jalan kaki, lumayan olahraga jalan kaki sejauh 2 Km. Sampai hostel saya masak lalu makan dan mandi serta sembahyang lalu tidur karena sangat lelah.

Kamis, 3 Juli 2014

Hari itu saya akan bertemu dengan supervisor saya, pukul 14.00 di ruangnya di gedung 301 ruang 005. Saya belum selesai membaca paper terakhir tapi saya merasa tidak apa-apa karena saya akan mencoba mencicilnya lagi setelah kelas usai. Seperti biasa pagi hari saya bangun pukul 06.30 lalu mandi, sembahyang lalu masak dan makan pagi. Saya menuju CERN dengan shuttle lalu sampai CERN menuju auditorium untuk mengikuti kuliah. Kuliah hari itu adalah Standard Model oleh Grossman, Yuval dari Cornell University, Introduction to Accelerator dan Statistics dengan pembicara yang sama seperti hari sebelumnya. Saya berusaha untuk mengikuti irama pembicara namun sesekali mengantuk dan hilang kesadaran hahaha. Kebiasaan saya di ITB sudah mulai menunjukkan wujudnya, hew. Setelah kuliah selesai saya menuju meja kerja untuk makan siang bekal yang saya bawa dan melanjutkan membaca paper terakhir. Pukul 14.00 saya menemui supervisor saya di ruangnya dan saya berdiskusi dengannya selama 45 menit, bertanya beberapa hal tentang Raw Cluster dan Resolved Cluster serta Feedback Photon. Supervisor saya menjelaskan ke saya dan saya mengerti setelah ia menjelaskan. Saya juga menanyakan tentang kunjungan ke Detector ALICE, saya sangat ingin main kesana, detector ini terletak 100 m di bawah tanah. Supervisor saya mengatakan akan mengajak saya akhir Juli nanti kesana, yeay! :). Perlu diketahui bahwa CERN memiliki 4 buah detector yaitu ALICE, ATLAS, CMS, dan LHCb. Mereka memiliki fungsi yang berbeda-beda (kunjungi http://home.web.cern.ch/ untuk informasi lebih detail).  Setelah itu saya diberi satu dokumen berjudul Technical Report HMPID for ALICE! Waw! tebalnya 180an halaman dan saya diminta untuk mencoba membaca sebagai referensi tambahan karena saya masih punya waktu sebelum kerja di Lab yaitu pertengahan Juli. Saya kembali ke ruangan kerja dengan membawa dokumen tebal itu dan saya menyelesaikan dulu paper terakhir lalu balik ke hostel.

Jumat, 4 Juli 2014

Hari itu tidak ada kegiatan spesial, hanya ada kuliah dan membaca technical report yang tebal. Seperti biasa bersiap-siap dengan bangun pagi, mandi, sembahyang lalu masak dan makan. Menuju ke CERN dengan shuttle dan sampai CERN langsung menuju auditorium untuk mengikuti kuliah. Hari itu ada Standard Model dan Statistics dengan pembicara yang sama dengan hari sebelumnya. Kuliah selesai lalu saya menuju meja kerja untuk makan bekal makan siang dan melanjutkan membaca. Tak terasa sore hari sudah datang dan saya kembali ke hostel, masak, makan lalu mandi dan sembahyang serta melanjutkan membaca sebentar dan menulis blog hehehe. Setelah itu saya pergi tidur. Esok, tanggal 5 Juli akan diadakan pemilu presiden untuk wilayah luar negeri dan saya, Bagus serta Pak Haryo berencana ke Bern, ibu kota Swiss untuk mencoblos di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern. Saya sangat bersemangat karena saya senang jalan-jalan ke kota yang belum pernah saya kunjungin apalagi Bern! tempat Albert Einstein memikirkan teorinya tentang relativitas! Seminggu yang penuh pengalaman walaupun terkadang agak monoton :)

Comments

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Scientific Research in Indonesia needs big momentum to accelerate: A Reflection from Asian Games 2018

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara