Minggu Pertama Kontrak-CERN Summer Programme Bagian 4

Hi semua! saya akan menceritakan minggu pertama kontrak saya sebagai summies (sebutan summer student) :). Saya akan memiliki total 7 minggu dimulai dari tanggal 23 Juni 2014 sampai 15 Agustus 2014. Seminggu kerja selama 5 hari per harinya 8 jam dimulai pukul setengah 9 (telat-telat dikit sih) sampai pukul setengah 6 sore (biasanya suka selesai lebih awal hehehe :p) daaan hal yang menyenangkannya selama disini saya diberi allowance sebesar 90 Swiss Franc per hari (berapa ya kalau dirupiahkan?).




Hari Pertama, Senin, 23 Juni 2014

Entah kenapa tanggal 22 malam saya tidak nyenyak tidur, ya merasa gak terlelap total. Mungkin karena terlalu bersemangat untuk hari pertama, mungkin juga karena sangat kepikiran, mungkin karena project dan supervisor yang belum jelas sedangkan teman-teman yang lain sudah jelas atau mungkin juga karena takut? entahlah. Semua rasa campur aduk hingga akhirnya tanggal 23 saya terbangun pukul 04.30 pagi!, kepagian banget kan padahal baru berangkat ke CERN, Meyrin pukul 08.30. Seperti biasa saya mandi, lalu sembahyang dan makan pagi serta menyiapkan bekal makan siang, saya selalu membawa bekal makan siang agar tidak membeli makan di restoran, irit lah atau pelit? hehehe. Setelah itu mengecek dokumen untuk administrasi. Saya sudah selesai bersiap-siap pukul 07.00 daan menunggu satu setengah jam lagi saya merasa sedikit ngantuk sehingga saya mengisinya dengan membaca berita dan juga LINE dengan Ortu dan Harumi. Pukul 08.30 shuttle datang dan saya berangkat ke CERN. Kami diminta berkumpul didepan gedung 39 Pukul 09.00. Sampai di gedung 39 ternyata masih sepi, kami tiba pukul 08.45 dan 10 menit kemudian baru ramai para summies berkumpul, waah! sudah mulai terasa nih aroma summer programme-nya hehehe, begitu dalam hati. Selanjutnya datang CERN Summer Programme Team, team yang mengurus administrasi untuk summies dan mereka mengajak kami ke ruang presentasi untuk menyambut kami. Kami berjalan cukup jauh dan saya pun sudah lupa dimana ruangan itu hehehe. Selama presentasi, mereka memperkenalkan diri, menjelaskan apa saja yang akan dilakukan, yang akan mereka fasilitasi termasuk workshop dan jenis kegiatan serta club-club yang ada di CERN (ini semacam unit kegiatan gitu lhoo, hehehe). Di sesi akhir mereka meminta kami untuk memperkenalkan diri, walaupun gak semua karena waktu yang terbatas.

Gedung 39 CERN
Presentasi Penyambutan

Setelah itu kami para summies sporadis pergi ke gedung 55 untuk membuat ID Card. Tanpa ID Card ini maka para summies tidak bisa masuk ke CERN. Ijin masuk ke CERN sangat ketat, harus memiliki tanda pengenal which is The ID Card yang bisa didapatkan jika telah mendaftarkan diri di bagian penerimaan. Singkat kata saya mendapatkan ID Card saya, kartu ini tampak seperti kartu ATM hehehe karena memiliki pita magnetik di bagian belakang kartu. Kartu ini bisa digunakan untuk mengetahui informasi personal kita. Setelah itu saya pergi ke lantai 2 gedung 55 untuk melakukan aktivasi akun CERN yang dapat digunakan untuk email, akun komputasi, mailist, jaringan aplikasi, internet dll hanya dengan menaruh ID Card diatas card reader dan sudah, akun teraktivasi dengan sempurna, huaaaa terintegrasi banget yah dari ID Card bisa digunakan kemana-mana hehehe. Setelah itu saya melakukan konfigurasi akun semacam test user apakah user bisa dipercaya dalam menggunakan jaringan CERN.

Resmi Bekerja di CERN


Pukul 12.30 urusan administrasi selesai semua, dan saya pun officialy working at CERN ! :). Setelah itu saya pergi ke resto namun bukan untuk membeli makan, hanya meminjam tempat untuk makan siang bekal saya hehehe, saya kesana bersama Bagus dan juga teman saya dari Bulgaria bernama Ilya Dimitrov. Kami ngobrol disana menunggu pukul 13.30. Selanjutnya saya menuju sekretariat ALICE (A Large Ion Collider Experiment at CERN) di gedung 301 untuk menanyakan kabar tentang supervisor dan project saya namun ya still no information dan mereka bilang akan mengabari saya lewat email jika sudah ada kejelasan, huft :(. 

Kekesalan saya alihkan dengan meminjam sepeda! akhirnya saya bisa meminjam sepeda CERN dengan memberikan deposit 100 Swiss Franc, saya akan gunakan sepeda ini jika saya ingin ke supermarket atau ke Kota Geneva saat weekend atau saat saya bosan naik shuttle hehehe. Karena tidak ada jadwal lagi maka saya memutuskan balik ke hostel pukul 14.30 dan sampai hostel pukul 15.00 hahaha, hari pertama sudah tidak 8 jam kerja :p. Sampai hostel saya istirahat lalu bersiap-siap karena pukul 17.00 saya dan Bagus ingin bersepeda ke bagian sawah dan perkebunan di daerah St. Genis, ini adalah Selatan Perancis. Kami bersepeda cukup jauh dan saya cepat sekali ngos-ngosan, mungkin karena sudah lama tidak naik sepeda ya... Kami sempatkan berfoto dan memang pemandangannya indah, enak dipake untuk merilekskan mata dan pikiran hehehe, hijau, kuning, biru (warna tanaman dan langit). Setelah itu  kami menuju Carrefour untuk berbelanja, saya ingin membeli roti, selai, pisang dan juga kentang hehehe. Setelah itu kami balik ke hostel dan malamnya saya hanya makan, dan masih memikirkan siapa supervisor dan apa project saya lalu pergi tidur pukul 22.00.

Bersepeda di Perancis Selatan

Foto Dulu


Hari Kedua, Selasa, 24 Juni 2014

Saya terbangun pukul 05.30 karena dingin, hari ini agenda saya hanya satu yaitu pukul 11.00 membuat akun Bank UBS dimana akun ini akan digunakan untuk menerima uang allowance yang diberikan CERN. Saya menambahkan agenda saya yaitu membaca di perpustakaan (membosankan sepertinya). Ya saya memutuskan untuk berangkat pukul 09.00 dari hostel (seharusnya sesuai kontrak saya berangkat pukul 08.30, tapi apa daya, belum ada kerjaan :p). Setelah bersiap-siap akhirnya saya berangkat dan tiba di CERN pukul 09.15. Saya bergegas menuju perpustakaan lalu mulai duduk dan menghidupkan laptop. Saya memiliki buku yang harus saya baca sebelum nanti saya berangkat ke Jepang untuk Student Exchange Bulan September 2014-Agustus 2015. Buku itu adalah Physics of Semiconductor Devices! wew, tau berapa tebalnya..810 halamaann!!! waaaaa..sedih saya melihat buku setebal itu. Untungnya saya hanya harus membaca setengahnya (tetep banyak sih) zzzz. Saya mulai membaca dari introduction bukunya hahaha. Membaca diselingi membuka FB, Twitter dan juga membaca berita bola (maklum disini gak ada TV, jadi harus nonton streaming dan internet hostel agak lambat). Cukup monoton memang agenda hari itu, dan akhirnya pukul 11 saya bergegas menuju counter Bank UBS di gedung 500. Ms. Dang yang melayani saya dalam pembuatan akun bank, dia berasal dari Vietnam ternyata dan sambil mengurus pembuatan akun, kami bercakap-cakap banyak hal, mungkin bisa nyambung karena sama-sama dari Asia Tenggara. Cukup lama sekitar satu jam dan akhirnya urusan selesai, minggu depan saya akan mendapat kartu ATM untuk mengambil uang allowance, yuhuuuu! 

Bank UBS di Gedung 500 CERN

Setelah itu saya berjalan-jalan di CERN karena tidak ada kerjaan sambil memakan bekal makan siang yaitu roti selai saja, saya agak males mempersiapkan sehingga memilih yang simpel. Cukup puas berjalan-jalan akhirnya saya memutuskan untuk pulang, ya saya berpikir untuk tidur siang selama masih bisa tidur siang karena nanti kalo udah jelas supervisor dan projectnya pasti tidak bisa tidur siang hehehe. Pukul 14.00 saya tiba di hostel dan saya makan dulu sedikit lagi dan akhirnya tidur siang selama sejam. Sore harinya saya karena belum ada email dari ALICE saya mencurahkan kekesalan saya dengan menulis blog hehehe dan akhirnya setelah itu saya lanjutkan membaca buku tebal lalu tidur pukul 21.30.

Hari Ketiga, Rabu, 25 Juni 2014

Hari ini saya bangun pagi seperti biasa karena dingin lalu bersiap-siap. Saya tidak ada agenda apa-apa hari ini dan memutuskan akan mendatangi lagi sekretariat ALICE di gedung 301 untuk menanyakan informasi supervisor dan project saya. Saya berangkat ke CERN pukul 09.00 lalu sampai di CERN saya langsung menuju gedung 301, disana saya menanyakan dan menjelaskan lagi bahwa saya belum mendapat supervisor dan project. Singkat kata setelah cukup lama berada di ruang sekretariat akhirnya mereka memutuskan memberi saya sebuah meja agar saya memiliki tempat bernaung :"). Mereka memberi saya sebuah meja di ruang computing ALICE. Terdapat beberapa meja disana dan sebagian sudah dipesan oleh beberapa orang LIPI Indonesia untuk melakukan kolaborasi antara Indonesia dengan CERN. Sebagai tambahan bahwa memang CERN yaitu ALICE sudan sepakat melakukan kolaborasi dengan Indonesia melalui LIPI. Di meja baru saya, saya melakukan beberapa kegiatan yang saya buat sendiri yaitu oprek Linux hahaha. Saya melanjutkan belajar menggunakan Linux terutama terminal untuk melakukan instalasi aplikasi. Sekitar pukul 13-an saya mendapat email bahwa supervisor saya adalah Mr. Antonello Di Mauro dan untuk detil project saya diminta untuk kontak dengan beliau, waaaa! saya sungguh senang dan bersemangat lagi hehehe :). Saya meng-email beliau untuk menanyakan kapan bisa ketemu. Singkat kata saya menerima balasan yang isinya saya diminta ketemu beliau esok hari pukul 09.30 di kantornya yaitu ruang 005 gedung 301. Saya sungguh semangat dan penasaran apa ya kira-kira project yang akan saya dapatkan hehehe dan hal baiknya saya bisa lebih tenang sedikit karena saya tidak akan gabut lagi, cukup gabut selama 2 hari (hari pertama tidak dihitung gabut karena memang itu saja agendanya, hehehe). Akhirnya hari itu saya balik ke hostel pukul 16.00, namun karena shuttle baru ada pukul 16.30, saya memutuskan untuk bermain ke gedung 33 mencari lambang CERN dan ingin berfoto disana, saya ingin mewujudkan apa yang selalu saya imajinasikan di dalam pikiran saya sejak saya mendaftar summer programme ini yaitu berfoto dengan lambang CERN yang besar hehehe :).
Gedung 33
Aku dan Logo CERN
Pukul 17.00 akhirnya saya sampai hostel lalu masak sup, saya kangen sup buatan ibu saya yang sangat enak dan sehat. Saya coba untuk menyalin sup ibu namun apa daya rasanya tidak sama, tapi tetap senang karena saya lapar sekali hehehe. Akhirnya saya menutup hari pukul 21.30, berharap besok saya mendapat project yang menarik dan bisa saya kerjakan :).

Hari Keempat, Kamis, 26 Juni 2014

Hari ini saya akan bertemu supervisor saya, namanya Antonello di Mauro. Setelah saya baca-baca ternyata dia head project untuk HMPID (http://alice-hmpid.web.cern.ch/alice-hmpid/) untuk ALICE detector. Saya bangun pagi lalu bersiap-siap, sarapan, mandi dan sembahyang. Pukul 08.30 saya sudah naik ke shuttle lalu berangkat. Sampai CERN pukul 08.45 saya ke restoran dulu untuk duduk dan membaca beberapa email. Selanjutnya pukul 09.10 saya sudah berjalanan menuju gedung 301 dan mencari di denah letak ruang beliau, ruang 005. Pukul 09.20 saya menemukan dimana ruangannya dan saya langsung bertemu disana. Beliau sangat baik, dan langsung bertanya apakah saya sudah mengetahui tentang ALICE detector. Saya bilang saya sudah sempat membaca di Web resmi Alice (http://aliweb.cern.ch/) dan memang tidak begitu detail, langsung saja saya diberitahu bahwa project saya akan berhubungan dengan HMPID dan saya langsung menjawab bahwa saya sudah membaca dan beliau berada di dalam HMPID tersebut. Karena HMPID berguna untuk mendeteksi fenomena fisika yang disebut Cherenkov Effect, dan beliau bertanya apa saya sudah tahu tentang fenomena tersebut dan saya menjawab tidak tahu maka beliau menjelaskan saya tentang fenomena tersebut. Tentu saja itu penjelasan fisika modern, untung saja saya menyukai, sangat menyukai fisika dan masih ingat banyak dengan konsep-konsep fisika sehingga saya bisa mengikuti sambil menjawab beberapa pertanyaan beliau. Di akhir penjelasan beliau memberikan saya 8 buah paper! yang harus saya baca sebelum saya masuk ke Lab untuk melakukan percobaan tentang coating dan pengujian quantum effect dari HMPID detector ini. Setelah itu saya diantar menuju ruangan dan meja saya, masih sama dengan kemarin.
Paper-Paper dan Laptop
Disana saya melanjutkan membaca paper, sedikit membosankan memang karena papernya cukup berat dan dalam bahasa inggris. Saat bosan saya membuka berita nasional, lalu kembali melanjutkan membaca dan begitu seterusnya. Dari pukul 11.00 Hingga pukul 17.00 saya hanya menghabiskan satu paper, hahaha dan akhirnya pukul 17.30 saya menuju tempat menunggu shuttle dan sampai di hostel pukul 18.00. Malamnya saya makan lalu beristirahat karena lelah.

Hari Kelima, Jumat, 27 Juni 2014

Hari ini agenda saya hanya membaca paper, ya melanjutkan membaca paper karena saya ingin akhir minggu depan saya sudah menghabiskan ke delapan paper, bila perlu bisa mengulang membaca di beberapa bagian yang masih saya bingung dan menanyakannya ke supervisor saya. Saya bangun pagi lalu sarapan, mandi dan sembahyang. Saya berangkat ke CERN pukul 08.30 dan sampai di meja kerja pukul 08.50. Langsung saya membuka laptop dan mengeluarkan paper-paper dari dalam tas dan mulai membacanya. Ya dengan sabar dan mencoba memahami. Saya harus paham karena memang bidang ini juga akan saya ambil untuk S2 saya yaitu processing material dalam bidang electronics. Kebosanan saya selingi dengan beberapa hal yaitu membaca berita, LINE, serta istirahat jalan-jalan hehehe. Pukul 10.30, Mr. Antonello mengunjungi saya dan beliau mengajak saya mengunjungi Lab Process, cukup jauh lokasi lab dengan ruang kerja saya. Akhirnya saya bertemu teknisi lab, namanya Ms. Miranda, dia yang akan menemani dan mengajari saya dalam belajar menggunakan alat dan melakukan proses coating serta pengujian quantum effect dari detektor HMPID. Labnya menggunakan ruang semi clean room, saya pertama kalinya masuk ruang seperti ini, menggunakan jas penutup seluruh badan dan juga penutup sepatu. Didalamnya terdapat Vacuum Chamber dimana terdapat alat untuk melakukan evaporasi material yang digunakan untuk coating dengan prinsip Joule Effect, semua alat dikontrol dengan sistem kontrol yang presisi dan saya hanya perlu untuk mengoperasikannya melalui komputer, semoga akan menjadi sangat menyenangkan kerja disana :). Saat istirahat makan siang, saya hanya makan di meja dan tidak pergi ke restoran karena saya membawa bekal makan siang sendiri hehehe. Minggu ini memang belum banyak jadwal karena mulai minggu depan baru ada workshop dan juga lecture di pagi hari sehingga hanya siang hari saya bisa membaca paper dan hal-hal yang berkaitan dengan project. Hari ini saya hanya menghabiskan satu paper dan satu paper lagi di bagian introduksi hahahaha, ya ada perkembangan lah. Akhirnya saya balik ke hostel lalu malamnya sempat streaming World Cup Jerman Vs Amerika. Saya tutup hari cukup malam, pukul 12 kurang karena ini weekend, jadi saya ingin melihat dunia sudah gelap yang biasanya sangat susah untuk dilihat. Selamat malam St. Genis!.

Comments

  1. Anonymous1:27 pm

    belum banyak aktivitas, tpi rasanya sangat menyenangkan dan menarik :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Scientific Research in Indonesia needs big momentum to accelerate: A Reflection from Asian Games 2018

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara