Hi G!-CERN Summer Programme Bagian 2

Sering saya menuliskan frasa "Hi G!" entah itu di Facebook dan Line sebagai status atau di Twitter sebagai kicauan :). Saya suka mengimplisitkan apa yang saya ingin capai dan maksud dari frasa itu adalah "Hi Geneva!" yang tak lain adalah kota tempat CERN berada (sebenernya CERN lebih tepat dikatakan berada di Meyrin). Ya! saya berusaha untuk mengimajinasikan bahwa saya akan pergi ke Geneva dan CERN, menggambarkannya di dalam otak kanan saya dan menuliskan semuanya di dunia yang saya miliki. Saya juga menuliskan impian saya di kertas yang saya tempel di tembok kamar, menggambarkan logo CERN di whiteboard di kamar saya serta memproyeksikan diri saya sedang berada di CERN dan Geneva sedetail mungkin :). Itu sedikit kisah tentang kekuatan imajinasi, ya kekuatan otak kanan! 

Logic will get you from A to B. Imagination will take you everywhere.    -Albert Einstein
The mind is everything, what you think you become
-Buddha Gautama 

Tanggal 19 Juni 2014 adalah hari kedua saya berada di St Genis Pouilly tepatnya di Schuman Hostel. Hari itu saya bangun pukul 05.00 pagi, saat itu dunia sudah cerah, matahari sudah terbit pukul 04.00 pagi, ini summer!. Saya masih punya nasi merah yang ditanak kemarin malam dan saya makan itu ditemani abon ayam hehehe. 

Makan Pagi
Setelah itu saya mandi lalu sembahyang, rencananya pagi ini pukul 08.30 saya dan Bagus akan berangkat ke CERN dengan shuttle untuk menemui Ms. Natalia, mbak-mbak yang mengurusi summer programme ini hehehe. Sebelum itu saya menyiapkan segala dokumen yang diperlukan dan juga sempat berkomunikasi dengan orang tua dan Harumi. Pukul 07.00 saya kemudian mengganti pakaian dan menemui Bagus lalu menunggu shuttle di depan hostel. Pagi itu walaupun summer, tetap bagi saya terasa dingin karena suhunya sekitar 14 derajat celcius dan saya terbiasa di Bandung paling rendah suhunya 18 derajat celcius sehingga saya gunakan jaket, tapi..tetap saja masih terasa dingin di ujung tangan. Pukul 08.30 shuttle tiba lalu kami naik tidak lupa mengucapkan bonjour ke supir :). Perjalanan hanya perlu sekitar 6 menit untuk sampai gedung 500 CERN, yaitu gedung utama CERN dimana didalamnya terdapat cafetaria, toko buku, supermarket semacam Circle K, Bank UBS dan masih banyak lagi. Tujuan kami gedung 39 sehingga kami harus berjalan kaki sekitar 5 menit untuk mencapainya. Gedung 39 adalah hostel CERN untuk member state country. Disana kami bertanya dan memberitahu ingin ketemu Ms. Natalia. Ternyata kantornya bukan di gedung ini sehingga kami diberi nomor kantornya untuk dihubungi, terdapat telepon gratis di lorong hostel untuk berkomunikasi di dalam area CERN :), sehingga kami gunakan itu. Ms. Natalia meminta kami menunggu di depan gedung 39 dan 5 menit berselang ia datang dengan membawa map berisi nama kami. Selanjutnya kami berkenalan dan ya Ms. Natalia sangat ramah dan kupikir dia masih cukup muda (belum ibu-ibu lah). Kami berdua diajak ke kantornya untuk membicarakan masalah summer programme ini dan mengisi beberapa form yang harus diisi. Kami mengobrol sekitar 2 jam dan saya senang karena saya sambil berlatih mendengar dan berbicara bahasa Inggris :). Saya ditempatkan di Departemen ALICE ( A Large Ion Collider Experiment at CERN) namun detail proyeknya belum tahu. Ms.  Natalia bilang detailnya akan diberitahukan hari senin tanggal 23 Juni 2014. Jadi saya harus menunggu beberapa hari lagi. Ms. Natalia juga memberi tips dan map CERN hehehe.

Pukul 11.00 kami menuju tempat peminjaman sepeda CERN untuk meminjam sepeda namun petugas memberitahu bahwa kami belum boleh minjem karena kontrak kami baru akan dimulai Senin 23 Juni sehingga kami cukup sedih, padahal kami ingin berkeliling CERN dengan sepeda, pasti seru! Kami juga mengunjungi Kantor dari ALICE dan ATLAS.

Gedung 124 Tempat Meminjam Sepeda
ATLAS Building

Cozy man!
Pukul 12.00 kami menuju gedung 500 lagi, tujuan kami cafetaria untuk duduk beristirahat sambil menikmati aroma masakan Eropa (kami tidak bertujuan membeli karena harganya mahal dan kami berusaha menghemat karena ini baru awal kami berada di Eropa). Kami hanya membeli kartu HP lokal seharga 10 CHF (kalau dirupiahin Rp130.000) untuk berkomunikasi dengan orang tua dirumah, maklum ibu saya tidak punya aplikasi LINE sehingga harus menghubungi kartunya, berbeda dengan bapak saya yang sudah memiliki LINE. Kami menikmati suasana cafe, melihat kehidupan jam istirahat CERN hehehe.

Selanjutnya kami jalan-jalan menuju Le Globe de la Science et de l'Innovation. Globe ini adalah Ikon CERN, didalamnya terdapat ruang pembelajaran seperti bioskop dengan interior yang sangat menarik berisi penjelasan-penjelasan tentang fisika fundamental yang dipadu dengan video. Saya sempat menonton videonya, sangat menarik karena membuat saya kagum. Saya ingin sekali mengajak Harumi kesini hehehe.
Interior Globe
Saya dan Bagus Di Le Globe de la Science et de l'Innovation
Pukul 13.00 kami balik ke hostel karena sudah lelah dan lapar. Saya makan nasi ditemani Indomie rasa soto hahaha, hidup tetap anak kos! walau sedang di Eropa. Sore hari kami berencana belanja mingguan ke Carrefour yang terletak sekitar 15 menit jika ditempuh dengan jalan kaki, namun karena hujan kami menundanya hingga sore menjelang malam. Sambil menunggu hujan saya tidur siang dan pukul 17.30 saya dan bagus sudah sampai di Carrefour. Disana saya membeli bahan-bahan masakan dan juga sabun serta sampo (saya harus membeli sabun dan sampo akibat ulah petugas Malaysia, baca bagian 1 kisah saya). Saya membeli beras 5 Kg, sayuran yaitu wortel, brokoli, sawi, ayam, telor, buah pisang, garam dapur serta bawang putih. Total belanjaan saya 38.02 Euro! hahahaha. Ini mahal kalau dirupiahkan, jadi tidak usah ya :). Semoga bahan-bahan ini cukup untuk seminggu kedepan. Hal yang unik disini adalah semua orang yang belanja membawa tas belanja sendiri entah itu tas plastik atau kain dan saat itu saya tidak membawa sehingga saya harus membeli tas plastik seharga 0.1 Euro. Inilah yang saya suka dari Eropa, mereka sangat menghargai lingkungan, salut!. Sialnya Carrefour hanya memiliki sedikit tas plastik sehingga saya hanya kebagian satu sehingga saya harus menenteng beras 5 kilo tanpa tas plastik, hew. 

Banyak Belanjaan
Kami harus berjalan jauh untuk membawa belanjaan kurang lebih seberat 10 Kg dan akhirnya pukul 18.40 sampai hostel, lelah rasanya menenteng barang belanjaan. Lalu saya masak nasi serta ayam brokoli sawi wortel hehehe, gini gini saya jago masak lho ;) (suami idaman)

Masakan Untuk Makan Malam
dan akhirnya saya bisa makan sayur setelah 2 hari hanya makan nasi dan abon hahahaha! Hari itu saya tutup pukul 21.30, saya sangat lelah dan akhirnya tertidur disaat matahari belum tertidur, selamat malam St. Genis :)


Comments

  1. WAAAAAW banget inferior globenya! Keep sharing ya, walaupun udah mulai sibuk :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Kehidupan Sebagai Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara