Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 2)

Ini lanjutan dari post sebelumnya dengan judul "Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)." Setelah dinyatakan terpilih untuk mewakili ITB pada tingkat Wilayah Kopertis untuk bidang Fisika, maka selanjutnya saya memiliki tanggung jawab untuk membuktikan saya layak terpilih mewakili ITB. Saya belajar lagi, membaca-baca buku-buku mekanika, elektrodinamika dan termodinamika untuk menghadapi tes di tingkat Wilayah Kopertis. Perlu diketahui bahwa untuk bidang Fisika, materi dibagi menjadi empat bidang besar yaitu mekanika, elektrodinamika, Termodinamika dan Mekanika Kuantun serta Fisika Modern.

Seleksi di tingkat Wilayah Kopertis dilakukan di Jatinangor, seleksi dilaksanakan dalam sehari. Tim ITB yang terdiri dari 7 orang untuk masing-masing bidang yaitu Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika pergi ke Jatinangor menggunakan Bis ITB. Tim Fisika terdiri dari 6 orang mahasiswa Jurusan Fisika tingkat 3 dan saya sendiri yang masih tingkat pertama dan saya pun bukan mahasiswa FMIPA melainkan mahasiswa Fakultas Teknolog Industri (FTI). Saya menikmati pengalaman ini, menjadi yang termuda di dalam Tim dan sangat berkesan bisa menjadi satu Tim dengan orang-orang yang juga pernah menjadi Tim Olimpiade Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika untuk ajang Internasional.

Sampai di Jatinangor sekitar pukul 9 pagi, seleksi dimulai pukul 10-12 untuk soal bagian Mekanika dan Elektrodinamika serta dilanjutkan pukul 13-15 untuk bagian Termodinamika dan Mekanika Kuantum serta Fisika Moderen. Untuk soal Mekanika, Elektrodinamika dan Termodinamika mampu saya selesaikan, soalnya berupa isian sebanyak 20 buah dikerjakan masih-masing bagian dalam satu jam!. Lagi-lagi untuk Mekanika Kuantum tidak mampu saya selesaikan dan Fisika Moderen saya bisa mengerjakan beberapa soal hehehe. Saya berharap dari 3 bagian yaitu Mekanika, Elektrodinamika dan Termodinamika mampu membawa saya untuk lolos ke Tingkat Nasional. Hari itu sangat penuh pengalaman, saya menikmati mengikuti kompetisi ini dan sangat senang bisa mengenal teman-teman hebat ITB lainnya.

Hampir 3 minggu berlalu setelah seleksi, dan pengumuman akhirnya dikeluarkan melalui web DIKTI. Saya melihat dan menemukan saya lolos ke Tingkat Nasional ! saya sungguh tidak percaya saat itu bisa mencapai tahap ini dalam keadaan saya masih mahasiswa tingkat satu. Teman-teman Fisika ITB lainnya juga semuanya lolos dan 7 orang yang mewakili ITB untuk Bidang Fisika lolos semua ke tingkat nasional! hehehe. Seleksi Nasional direncanakan diselenggarakan di Surabaya dari tanggal 12 Mei-16 Mei. Sungguh bersemangat! (Bersambung)

Comments

  1. Anonymous10:00 pm

    Telat daftar on mipa setelah lulus tingkat wilayah, gmana ya? Gak bisa ikut kah?

    ReplyDelete
  2. Wah ini postingan udah lama ya kak,,, sudah hampir 5 th. Udah nyampe mana nih kak Bima sekarang ,, jadi penasaran

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Kehidupan Sebagai Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara