Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 3-Habis)

Melanjutkan post sebelumnya yang berjudul "Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 2)" saya akan bercerita tentang pengalaman saya berlaga di Tingkat Nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2012.

Wuhuuuu! saya dinyatakan lolos ke Tingkat Nasional untuk Bidang Fisika!, hasil yang bagi saya sudah sangat baik! tak pernah menyangka saya mampu mencapai tahap ini, di benak saya mulai timbul keinginan untuk mendapatkan medali entah itu perunggu atau bahkan emas, siapa yang tahu? hehehehe.


Saya harus bisa mengatur waktu saya karena ON MIPA Tingkat Nasional akan diadakan Bulan Mei 2012 tanggal 12-16. Saya harus mempersiapkan ini dengan baik tanpa harus mengorbankan saya tidak belajar mata kuliah untuk Ujian Akhir Semeste (UAS) yang juga jatuh awal Mei!. Sebuah masalah timbul, pada rentang tanggal itu saya memiliki 2 buah UAS, saya harus segera meminta izin agar bisa mengikuti UAS susulan. Saya meminta surat yang menerangkan saya Tim ITB untuk ON MIPA-PT Bidang Fisika dari Lembaga Kemahasiswaan dan membawa surat tersebut ke Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB, Lembaga yang mengurus mahasiswa tingkat pertama di ITB), prosedurnya cukup panjang dan memakan waktu, namun ini harus saya lakukan agar tidak ada hal yang harus dikorbankan. Melalui serangkaian penjelasan dan tatap muka dengan petugas LTPB akhirnya izin diberikan sehingga UAS saya sudah aman karena boleh mengikuti susulan pada tanggal 20 dan 22 Mei, yeaaayyy! :).

Tiba saatnya Tim ITB berangkat, saat itu tanggal 11 Mei 2012, kami sudah dipesankan tiket kereta eksekutif dari Bandung ke Surabaya. Berangkat dari ITB pukul 18.00 ke Stasiun Bandung dengan kereta yang berangkat pukul 19.00. Ini pertama kalinya saya ke Surabaya, sungguh tak sabar sampai disana untuk mengenal tempat baru dan berkompetisi di ON MIPA!

Gambar 1 Di Stasiun Surabaya
Pukul 08.00 pagi tanggal 12 Mei kami tiba di Stasiun Surabaya, sarapan dulu di Stasiun lalu selanjutnya menuju Hotel tempat kompetisi diadakan, Hotel Sahid Surabaya!. Surabaya sungguh panas, sama seperti tempat tinggal saya di Singaraja, Bali. Saya sempat terpikir seandainya saya tidak ada susulan UAS, mungkin setelah ON MIPA saya akan langsung pulang ke Singaraja untuk berlibur, tapi sayang..hehehe.

Gambar 1 Tiba di Surabaya

Kami bergegas menuju Hotel Sahid, setiba di Hotel Sahid saya bertemu dengan teman lama dari UGM yang dulu sewaktu SMA juga mengikuti Pelatnas 1 dan 2 Fisika, namanya Khoirul Faiq, saya sudah menduga dia akan ikut ajang ini lagi, hehehe sama seperti saya!. Sore hari diisi dengan acara pembukaan dan technical meeting mengenai kompetisi keesokan harinya, kompetisi akan dilakukan selama 2 hari yaitu 13 dan 14, tanggal 15 diisi dengan ekskursi pagi hingga sore dan malamnya adalah pengumuman pemenang dan tanggal 16 Mei peserta kembali ke daerah asal masing-masing.

Hari kompetisi tiba, pukul 09.00 pagi peserta Fisika sudah bersiap untuk menjawab soal Mekanika hingga pukul 10.00. Soal Mekanika terdiri dari 5 soal yang memerlukan pengetahuan tentang Lagrangian dan Hamiltonian, ini Mekanika tingkat lanjut. Syukur saya pernah mempelajari ini waktu SMA dan mengulang membacanya ketika mempersiapkan kompetisi ini. Saya bisa menjawab 4 dari 5 soal karena satu soal yg tidak bisa saya jawab memerlukan pengetahuan yang belum pernah saya dalami yaitu koordinat bola dan hal yang berkaitannya dengannya. Setelah bagian Mekanika, maka dilanjutkan dengan bagian Elektrodinamika, soal-soal yang berkaitan dengan persamaan Maxwell mengenai Gelombang Elektromagnetik, permasalahan listrik statis, saya bisa menjawab ke-5 soal yang diberikan walaupun tidak dengan sempurna, setidaknya saya bisa dan mengerti permasalahannya. Sungguh 2 jam yang penuh berpikir, selesai tes kami keluar dan sedikit membahas soal-soal tersebut bersama kakak-kakak Fisika dari ITB. Sisa waktu hari itu dari pukul 13 kami gunakan untuk istirahat karena esok masih ada tes ke-3 dan ke-4 tentang Termodinamika dan Mekanika Kuantum serta Fisika Moderen.

Hari kedua kompetisi, kami sudah siap di ruang tes pukul 09.00, soal Termodinamika diberikan dan ya! ini Termodinamika tingkat lanjut, berbeda ketika SMA, hew! Saya mencoba menjawab menjawab dengan seluruh kemampuan yang saya miliki dan ya akhirnya waktu habis, setidaknya tidak kosong sama sekali lembar jawaban saya. Selanjutnya soal Mekanika Kuantum dan Fisika Moderen! ada 3 buah soal Mekanika Kuantum dan 2 soal Fisika Moderen, saya hanya bisa menjawab bagian Fisika Moderen-nya, untuk Mekanika Kuantum lagi-lagi saya menyerah, huh! Tes sudah berakhir dan sisa waktu di hari itu akan kami gunakan untuk jalan-jalan, nonton bioskop. Kami memutuskan untuk bersenang-senang untuk mengimbangi stress ketika menjawab soal tadi hehehehe.

Keesokan harinya tanggal 15 kami diajak ekskursi ke Jembatan Suramadu, dan sempat mampir di pinggir Pulau Madura, sebuah pengalaman mengenal tempat baru! hehehe. Kami juga diajak melihat lokasi kawasan bencana lumpur Lapindo, entah apa maksudnya ini, mungkin agar kami merasakan penderitaan yang dialami oleh warga disana, yang jelas saat melihat lokasi tersebut saya merasa sangat sedih, simpati dan berpikir mengapa pemerintah mengabaikan mereka seperti ini.
Gambar 2 Berfoto di Jembatan Suramadu
Gambar 3 Lumpur Lapindo

Gambar 4 Di Pesisir Pulau Madura Bersama Tim ITB

Sungguh pengalaman yang luar biasa dapat melihat Nusantara dengan GRATIS!! hehehehe. Bagian ini lah yang saya suka dari mengikuti kompetisi, gratis, menginap di Hotel, menambah teman dan melihat-lihat daerah baru :). Tak terasa sudah hampir sore, kami semua kembali ke hotel untuk bersiap-siap mengikuti acara penutupan sekaligus pengalungan medali untuk para pemenang, tidak sabar!

Acara penutupan pun dimulai, ya ada harapan agar saya bisa menyumbang medali untuk ITB pada bidang Fisika, walaupun masih tingkat satu, saya yakin saya mampu!, seperti biasa diawali dengan pesan, kesan, tarian hingga akhirnya tiba pengumuman.., saya menunggu hingga akhirnya nama saya disebut menjadi peraih medali perunggu untuk bidang Fisika!!!. Harapan saya terwujud, sungguh luar biasa! saya sangat senang! saya maju ke panggung untuk menerima medali sambil berfoto bersama peraih medali lainnya! pengalaman yang sungguh luar biasa! Jika kita memiliki mimpi, peganglah dengan yakin tanpa ragu sambil berusaha dan bersabar meyakinkan kita mampu untuk hal tersebut, yakin bahwa impian tersebut akan terwujud ! :) Saat itu juara umum disabet oleh ITB, senang bisa menyumbang medali untuk ITB!

Gambar 5 Saya (kanan) dan Kak Mahdi (Fisika ITB 2009)

Gambar 6 Tim ITB yang Menjadi Juara Umum ON MIPA-PT 2012


Comments

  1. Anonymous1:34 pm

    Keren kak, terimakasih sudah berbagi, pengalamannya sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  2. hebat kak... :D
    aku juga tk.1. masih prsiapan buat thap 3. haha ;D

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Kehidupan Sebagai Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara