Kehidupan Sebagai Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

Ini adalah lanjutan kisah dari posting saya sebelumnya yaitu Flash Back : Diawal Menjadi Mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Saya mengikuti proses pengenalan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Mahasiswa Baru angkatan 2011 yang disebut PROKM ITB 2011 (Pengenalan Ruang Orientasi Keluarga Mahasiswa ITB 2011) selama seminggu. Selama seminggu kami diperkenalkan dengan lingkungan kampus ITB, kegiatan kemahasiswaan, ruang kelas, budaya kampus ITB, konsep tentang Tri Darma Perguruan Tinggi, sejarah kemahasiswaan ITB, Unit Kegiatan Mahasiswa, jalur angkot dari daerah kos-kosan, dan masih banyak lagi. Kami juga mendapat sharing tentang visi dan misi hidup serta kebebasan yang bertanggung jawab, tentang potensi, posisi dan peran mahasiswa, dan masih banyak lagi. Sistem sharing adalah melalui kelompok dengan tiga orang pendamping kelompok yang disebut Taplok (Tata Tertib Kelompok). Tugas berupa esay dan buku perkenalan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa baru dalam menulis dan mudah akrab dengan teman baru dikelompoknya. Di dalam kelompok selain sharing aktivitas lainnya adalah bermain games, makan bareng dan juga jalan-jalan. Di akhir kegiatan PROKM dilakukan interaksi dengan massa kampus (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan setelah itu penutupan acara. Bagi saya PROKM adalah impresi pertama yang bisa diberikan seluruh civitas akademika ITB untuk mahasiswa baru. Impresi ini penting agar mahasiswa baru termotivasi dan memiliki gambaran tentang bagaimana kehidupan kampus yang terdiri dari akademik dan kegiatan kemahasiswaan.




Gambar I-Lambang PROKM
Gambar III-Saya berfoto dengan Jas Almamater baru
Gambar II-Kelompok 39 PROKM ITB 2011

Gambar IV-Interaksi Maba dengan Massa Kampus

Selanjutnya kehidupan sebagai mahasiswa ITB dimulai, saya mengikuti kelas kalkulus, fisika dasar, kimia dasar dan sebagainya, mengerjakan tugas tutorial, melakukan praktikum fisika, kimia dan pemrograman C++. Selain kehidupan akademik, saya juga mengikuti dua unit kegiatan mahasiswa yaitu Maha Gotra Ganesha ITB (MGG ITB) yaitu unit kesenian Bali dan Keluarga Mahasiswa Hindu ITB Vidya Dharma Putra Ganesha (KMH-ITB) yaitu unit keagamaan khususnya untuk Agama Hindu. Untuk dapat menjadi anggota kedua unit tersebut ada proses penerimaan anggota baru yang harus saya ikuti sampai dilantik nantinya sebagai anggota unit tersebut. Di MGG saya belajar menari Bali. Di ITB lah pertama kalinya saya belajar menari Bali, padahal saya ini besar di Bali selama 13 Tahun (dari umur 6 Tahun hingga 18 Tahun) dan saya juga mendapatkan kesempatan banyak pentas mengisi acara-acara yang di ITB. Saya sungguh senang akhirnya saya bisa belajar menari Bali, hal yang sudah lama saya ingin lakukan. Saya juga mendapat pengetahuan dan berlatih tentang organisasi di MGG dan juga mendapat nilai-nilai mengenai kekeluargaan. Hal itu karena MGG adalah unit kesenian yang dasarnya ada tiga yaitu kesenian, kekeluargaan dan organisasi. Lain halnya di KMH-ITB, saya diajak untuk mengetahui banyak Pura di Bandung (ada sekitar 5 Pura di Bandung), mengenal tentang kegiatan KMH-ITB, lebih akrab dengan teman dan kakak tingkat dan juga sharing dari kakak tingkat dan alumni yang bisa dibilang sukses baik di bidang akademik, organisasi atau bahkan keduanya!.


Gambar V-MGG ITB

Gambar VI-KMH-ITB

Gambar VIII-Malam Keakraban KMH-ITB 2011









Gambar VII-Pentas Tabuh bersama MGG










Di waktu luang saya menyempatkan untuk mengenal Kota Bandung, keluar bersama teman-teman menggunakan angkot, mencoba kuliner Bandung, menonton bioskop dan berkeliling di sekitar Bandung. Itulah kehidupan awal sebagai mahasiswa ITB yang sangat jauh berbeda ketika saya SMA. Sungguh pengalaman yang begitu baru dan berbeda!

Comments

  1. UJIAN SERTIFIKASI KOMPUTER BANTU KERJA


    http://fgroupindonesia.com/pelayanan/ujian-sertifikasi
    https://youtu.be/-SQTKyNtiAk

    Deskripsi:
    Dalam dunia kerja setiap orang dituntut untuk memiliki keahlian yang pantas dan sesuai bagi suatu perusahaan. Dalam prosesnya setiap calon pekerja hendaknya mempersiapkan berbagai macam keahlian dengan target timing yang telah diperkirakan. Sehingga pada saat pembukaan pendaftaran lowongan kerja, baik itu secara massal (job fair), expo, maupun non-masal kesempatan untuk apply kerja dapat dengan segera terpenuhi secara langsung.
    Kompetensi masing-masing calon pekerja menunjukkan kadar kemampuan yang akan menentukan suatu posisi dalam jenjang karir produktif.

    Untuk itu, dalam memenuhi keadaan tersebut, telah tersedia Ujian Sertifikasi Aplikasi Perkantoran yang membantu anda dalam :

    1) Bukti memiliki keterampilan skills komputer
    2) Proses aplikasi penerimaan lowongan kerja
    3) Hemat waktu dan ongkos total
    4) Ujian Sertifikasi Online (akses dari berbagai lokasi)
    5) Hasil Ujian Sertifkasi sehari sesudah dapat diambil

    Beberapa pilihan materi Ujian Sertifikasi yang telah terdata hingga kini diantaranya:
    1) Ms. Office (sepaket dengan Ms. Office, Word, Excel, Power Point dan Windows)
    2) Pemprograman Java, VB.NET, dan Database Mysql
    3) Desain Web (Php, CSS based)
    4) Desain Grafis (Coreldraw, Photoshop)

    Prasyarat:
    a. Mendaftar sebelum penentuan jadwal pelaksanaan.
    b. Memilih metode pelaksanaan (online / offline -ditempat).
    c. Memilih tipe ujian sertifikasi (lokal -indonesia / internasional -bahasa inggris).
    c. Submit foto warna 3x4 (2lbr), 2x3 (2lbr).
    d. Melengkapi kelengkapan administrasi diawal

    Address:
    FGroupIndonesia.com
    Jl. Parahyangan no.18,
    Komp. panghegar permai I,
    Ujung Berung, 40614 Jawa Barat,
    Bandung, Indonesia.

    Contact:
    Astri. SMS.WA 085795569337 / 085721261437
    BBM. 7CD59179 / 7DF95683


    FB : https://www.facebook.com/fgroupindonesia/
    Twitter : http://twitter.com/fgroupindonesia
    Google Plus : https://plus.google.com/114414655045459603522/posts

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for Commenting :)

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Scientific Research in Indonesia needs big momentum to accelerate: A Reflection from Asian Games 2018

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara