Flash Back : Pelatnas 1 Tim Olimpiade Fisika Indonesia 2011

Saya ingin melanjutkan salah satu kisah saya yang menurut saya begitu menarik yaitu berjuang di Pelatnas 1 untuk Tim Olimpiade Fisika Indonesia 2011. Seperti yang sebelumnya saya ceritakan bahwa saya meraih medali emas pada OSN 2010 untuk bidang fisika sehingga saya dipanggil oleh DIKMENUM untuk mengikuti Pelatnas 1 bidang fisika untuk menyeleksi dari 30 peraih medali menjadi 12 besar. 



Gambar I-Refreshing di Dufan
Surat panggilan diterima oleh sekolah saya dan jadwal untuk pelatnas dari bulan Oktober sampai November 2010 (saya lupa tanggal pastinya, sudah 3 tahun lalu) bertempat di P4TK Bahasa Jl. Gardu, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sebelum pelatnas ini dimulai, saya hanya melakukan persiapan berupa belajar bahan listrik dan magnet dari buku yang diberikan oleh guru saya karena saya hanya tahu materinya adalah listrik dan magnet namun tidak tahu apa buku pegangan untuk pelatnas nanti. Saya berangkat ke Jakarta dan tiba di tempat pelatihan. Hari pertama masih terasa santai, berkenalan dengan teman-teman baru sesama peraih medali, dan berkenalan dengan dosen pengajar(Pak Kamsul Abraha dari Fisika UGM, Pak Samsul Rosid dari Fisika UI dan Pak Bobby Eka Gunara dari Fisika ITB) serta pemberian jadwal kegiatan. Jadwalnya dari Senin sampai Sabtu. Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai 4 sore dan Sabtu digunakan untuk tes mingguan, Waw!. Hari kedua kami sudah belajar materi pelatnas dengan materi awal adalah vektor kalkulus. Beberapa teman saya bisa mengikuti dengan mudah materi yang diberikan karena mereka tahun sebelumnya sudah pernah ikut pelatnas (kami menyebutnya "veteran", mereka juga meraih medali di tahun sebelumnya). Saya yang baru pertama kali mengikuti pelatnas berjuang untuk memahami materi yang diberikan, ini materi kuliah program S1 tingkat 2 dan 3, super!.


Gambar II-Jalan-jalan di Mall Taman Anggrek
Gambar III-Mengunjungi Kota Tua Jakarta
Hari-hari dilalui dengan membaca buku, belajar dikelas, tutorial malam, latihan soal dan test harian dan mingguan namun diselingi dengan bermain pingpong, menonton film bareng teman-teman, bermain DOTA, dan bermain futsal, sungguh menyenangkan!. Di akhir Pelatnas 1 ini akan diumumkan 12 orang yang berhak lolos ke Pelatnas 2 nanti (antara bulan Februari-Maret 2011) berdasarkan hasil test harian dan mingguan yang telah kami lakukan. Selama sebulan saya sempat bermain bersama teman-teman ke Monas, Mall Taman Anggrek untuk bermain ice skating, Dufan, dan juga berkeliling kota Jakarta dan Depok. Tiba saatnya hari terakhir Pelatnas 1 yang dirangkaikan dengan acara penutupan dan pengumuman siapa yang berhak lanjut ke Pelatnas 2. Rasanya waktu itu saya mendapat banyak pengalaman baru dan teman baru. Senang bisa menyelesaikan satu bulan yang begitu berat namun berharga dan sedih rasanya karena Pelatnas 1 akan segera berakhir. Malam harinya kami semua mendapat email dari dosen yang melatih kami yang memberitahukan kami lolos atau tidak dan ternyata saya lolos ke Pelatnas 2. Saat itu saya merasa senang sekali karena mimpi untuk mewakili Indonesia di IPHO (International Physics Olympiads) 2011 semakin dekat hehehe. 

Gambar IV-Peserta Pelatnas 1 Fisika

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Scientific Research in Indonesia needs big momentum to accelerate: A Reflection from Asian Games 2018

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara