Jam Bandul yang Menakjubkan

Sebuah karya manusia yang mampu menunjukkan waktu dengan ketelitian hampir 100%, adalah jam bandul. Alat ini bekerja dibawah pengaruh medan gaya tarik suatu kerangka acuan.Dengan perbedaan besar percepatan gravitasi yang cukup kecil untuk berbagai tempat di permukaan bumi, maka alat ini bisa menunjuk waktu dengan sangat tepat.

mari kita simak bagaimana jam bandul bekerja. sebuah jam bandul yang terdiri dari tali, batang, kawat yang massanya sangat kecil (dapat diabaikan terhadap massa bandulnya), dan sebuah bandul bermassa M berjari-jari r berbentuk lingkaran yang digantung menggunakan tali, batang atau kawat yang tadi tepat memotong bandul menjadi 2 bagian yang sama. dengan sudut simpangan yang kecil (<150). bandul akan melakukan Gerak Harmonis Sederhana (GHS) dengan periode getaran yang sama setiap saatnya. (lihat gambar)





















Mari kita turunkan periode untuk bandul tersebut

Bagaimana jika jam bandul ini terletak pada kerangka acuan yang sedang dipercepat kebawah atau keatas, apakah ia akan menunjuk waktu yang sama?, mari kita misalkan sebuah bandul terletak pada lift yang sedang bergerak keatas dengan percepatan a relatif terhadap bumi, sehingga ditinjau terhadap kerangka acuan lift, maka bandul akan mengalami gaya fiktif ke bawah sebesar Ma, sehingga





















disini terlihat bahwa periode bandul akan lebih kecil ketika ia berada pada kerangka acuan yang bergerak dipercepat keatas terhadap bumi, sehingga ketika anda bekerja pada sebuah lift yang sedang bergerak dipercepat keatas, dan anda memasang jam bandul pada lift tersebut dan memasang target misalkan 10 jam, maka ketika jam bandul yang terpasang di lift tersebut sudah menunjukkan 10 jam telah berlalu, maka bagi orang yang diam terhadap bumi, anda baru bekerja kurang dari 10 jam!!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Scientific Research in Indonesia needs big momentum to accelerate: A Reflection from Asian Games 2018

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara