Gaya Tekan Keatas

Mengapa Sebuah Benda Lebih Ringan Apabila Berada Di Fluida

Sebuah benda apabila ditimbang di dalam fluida maka beratnya akan lebih kecil (ringan) daripada berat ketika ditimbang di udara. Hal ini terjadi karena ketika suatu benda yang dicelupkan kedalam fluida akan mendapat dorongan keatas oleh fluida tersebut (gaya tekan ke atas) gaya tekan keatas ini berbanding lurus dengan volume benda yang tercelup ke dalam fluida dan tergantung dari jenis fluida. Jadi semakin banyak volume suatu benda yang tercelup maka semakin besar gaya tekan keatas yang dialami benda. Hal ini pertama kali diselidiki oleh Archimedes dia menyebutkan bahwa Fa=ρ.g.V dengan Fa adalah gaya tekan keatas, ρ adalah massa jenis(kerapatan) fluida, dan g adalah percepatan gravitasi ditempat tersebut. Maka ketika dicelupkan kedalam fluida berat benda akan mendapat pengurangan sebesar Fa.

lihat gambar




















Ketika benda ditimbang diudara menggunakan neraca maka berat yang terbaca oleh neraca adalah W, setelah dimasukkan kedalam fluida maka lihat gambar

















disini terlihat bahwa benda mendapat gaya tekan keatas sebesar F, sehingga penjumlahan gaya-gayanya berubah yang menyebabkan berat benda mendapatkan pengurangan sbesar Fa. Konsep ini juga yang menjadi dasar dalm pembuatan kapal lut, di dasar kapal laut dibuat ruang kosong besar yang berisi udara sehingga ketika tercelup kedalam air banyak volume kapal yang tercelup akan semakin besar sehingga kapal akan mendapatkan gaya tekan keatas yang sangat besar, hal ini menjadikan kapal akan terapung.

NB: disini saya mengambil arah bawah sebagai tanda positif

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Mengikuti ON MIPA-PT 2012 (Bagian 1)

Scientific Research in Indonesia needs big momentum to accelerate: A Reflection from Asian Games 2018

Flash Back : Berjuang di Olimpiade Sains Nasional 2010 Medan, Sumatera Utara